Membuat XAMPP jadi Intranet web server


Jadi begini kasusnya kemaren aku install WAMP di TABI (“nama laptopku yang macho (Panasonic Toughbook) jadi cute gara gara namanya diganti jadi TABI :p ), tapi karena tidak php friendly cerewet banget akhirnya aku kembali menggunakan XAMPP ku untuk projek webserver ini, nah ternyata setelah ganti XAMPP semuanya berantakan yang semula webservernya bisa running dengan baik dengan cara mengakses IPku di komputer jaringan kantor eh mendadak macet padahal settingannya dah tak ubah semua, nah biar gak lupa dan biar ilmunya jadi berkah ya udah semoga beberapa tips berikut bisa bermanfaat

  1. Install XAMPP
    ubah settingan httpd.conf nya di kalau ditempatku di C:\xampp\xampp\apache\conf menjadi

DocumentRoot “C:/xampp/xampp/htdocs”

Options Indexes FollowSymLinks
AllowOverride all
Order Deny,Allow
Allow from all

2. Setelah itu belum selesai berdasarkan petuah dari berbagai macam sumber kita harus juga merubah settingan httpd-vhosts.conf di C:\xampp\xampp\apache\conf\extra ditambah dengan

DocumentRoot “C:/xampp/xampp/htdocs”
ServerName 127.0.0.1

# Other directives here …

DocumentRoot “C:/xampp/xampp/htdocs”
ServerName isi dengan IP

# Other directives here …

Restart XAMPP

3. Seharusnya sekarang coba running masuk ke webserver ketik http://localhost di browser dah bisa masuk ke webserver kita lalu coba ketik ip kita seharusnya juga sudah bisa masuk juga, Nah sekarang coba lagi lewat komputer lain yang terhubung jaringan dengan komputer kita contoh :

Komputer terinstall XAMPP 192.168.0.4
Komputer lain yang sejaringan dengan kita 192.168.0.5

maka dari komputer ini (192.168.0.5)  coba ketikkan IP 192.168.0.4 di browser kalau sudah bisa running selamat maka anda berhasil, kalau belum bisa maka coba matikan windows Firewall anda maka coba lagi pasti sekarang sudah berhasil.

Pfiuh akhirnya selesai sekarang dah bisa berjalan dengan baik, dan bagi yang punya masalah serupa coba deh tips ini semoga bermanfaat

About these ads

29 thoughts on “Membuat XAMPP jadi Intranet web server

      • sudah mas, dan memang semua berjalan dengan baik waktu kita akses di kompter server. Ip server 192.168.2.30 sedangkan ip client 192.168.2.1. pas di buka di client tampilan webnya berantakan. sepertinya browser tidak menampilkan gambar dengan baik.

        di sever saya install wordpress dan saya letakkan di folder htdocs. dari client saya mengetikkan di browser http://192.168.2.30/wordpress.

        mohon maaf dan terima kasih sebelumnya atas perhatianntya…

  1. Kalau tahap ini udah dilewati, nah buat ngubah ip jadi nama gmn sih mas? bsa ngak ya?

    maksudnya, kalau clent aku suruh buka pake ip ku. kok rasanya rada repot ya?
    bisa ngak ipnya dijadiin mirip domain gitu. tapi tetep intranet. :D

    Thank’s

  2. mohon bantuanya rekan2,,mau tanya,,saya tanya,bisa g intranet d sambungin klo beda kantor??masalahnya antara kantor saya dengan kantor yang lain lumayan jauh.mohon pencerahanya.klo ada agan2 yang bisa bantu silahkan kirim email ke adhidevas@gmail.com.

    terima kasih sebelumnya

      • saya mau tanya lg.. saya nih make xampp.. sudah conect dengan PC Client. cuma permasalhanya untuk pc konek cuma halaman Mysql saja yg bisa di akses sempurna sedangkan untuk websitenya misal ip-server/website hanya susunan html saja no css no java no image, itu kenapa ya bang ya? mohon infonya terimakasih :D

      • sudah bang, jadi untuk akses melalui laptop server tampilan sempurna seperti biasa. namun jika di akses di laptop client tampilan seperti yang saya jelaskan di atas yaitu htmlnya saja.. untuk laptop clientnya pun saya sudah menonaktifkan firewall dll..

Ditunggu komennya ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s