IGOS Nusantara


Kamis malam 290307| 07:00

Setelah berhasil download trus seperti biasa di burn isonya dengan nero burn image di windows he3, proses instalasi berjalan dengan lancar tampilan penginstallan baik, semua prosesnya berjalan dengan mulus tanpa hambatan. Tapi yang sampai sekarang masih membuatku bingung apa karena ga merhatiin yah IGOS Nusantara ini basisnya redhat apa fedora core yah masih bingung?, habis ngga ada petunjuk yang menjelaskan cd IGOS ini bahkan readme yang biasa berupa halaman html disetiap distro aja ngga ada jadi yah bingung gitu, pada bagian system ada sih petunjuk about IGOS Nusantara tapi setelah diklik ngga ada yang muncul.

Paket yang disediakan minim banget mungkin bisa dibilang isinya hanya paket GNOME standar soale memang graphical X windows yang dipake cuman GNOME, so kesimpulannya yah standar lah, coba dah lengkap multimedianya paling ngga bisa muter mp3, VCD dan DVD pasti tambah asyik, tapi memang bener kalau pemula ditawarin yang kayak gini pasti jadi males soale pasti bingung gimana caranya nginstall ini itunya, pemula seperti saya pasti ngga mau repot taunya bisa dipake dukungan office seperti open office dah cukup, tinggal dukungan multimedia nya biar yang gunain betah berlama-lama menggunakan distro ini.

 

Untuk fasilitas yang lainnya mungkin bisa ditambahkan aplikasi grafis seperti inkspace, F-spot foto manager, chat dengan gyache mungkin, fungsi-fungsi standar kayak make, lsusb, lspci, dukungan terhadap wifi dengan ndiswrapper kalau ngga mau repot atau malah diinstallin drivernya sekalian. Dukungan terhadap ntfs, paket manager juga penting tapi yang ada GUInya biar wenak.

 

Pada intinya pelit aplikasi nih butuh banyak tweaking biar betah nggunainnya tapi kalau ngga gitu bukan linux namanya kepuasaannya justru di utak-atiknya. Tapi bukan eko namanya kalau menyerah cuman disini ayo semuanya kerahkan tenaga dah gatel nih mo modif tampilan dan kegunaanya sepertinya proyek making distronya ditahan dulu nih gatel nih ngeliat yang satu ini, semuanya cobain deh distro yang satu ini trus kasih kritik dan saran biar kemajuan cepat ngga ngendon aja ngga jalan sudah saatnya bergerak.

 

Sambil nulis ini aja di kontrakan dengan open office dan tentu saja IGN sambil offline besok rencananya mau di upload

 

menjadi bisa karena biasa”

 

Ditunggu komennya ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s