Sangasanga


Sedikit cerita tentang kota kelahiranku aku dilahirkan di kota perjuangan yang namanya Sangasanga dengan pahlawan yang terkenal waktu itu boedi oetomo, kok tau ya iyalah dulu waktu di SMA dulu pernah ikutan kursus akting singkat waktu operet perjuangan waktu itu, nah sebagai tokoh utamanya yah cerita tentang boedi oetomo itu, jadi setiap 27 januari di kotaku pasti ngadain acara yang pasti sudah dinanti-nanti yaitu setiap 27 januari diperingati sebagai hari merah putih di Sangasanga, pada waktu dulu kota Sangasanga merupakan basis perjuangan di Kalimantan Timur dan Sangasanga akhirnya bisa dipertahankan dan Kalimantan Timur akhirnya bisa memperoleh kemrdekaan dimulai dari kota kecil ini, Kenapa kok Sangasanga yang dijajah bangsa Belanda dan Jepang karena memang di Sangasanga kaya akan sumber minyak bumi pada waktu dulu kalau sekarang sepertinya sudah jauh berkurang.

Selain kota minyak dan sekarang malah banyak ditemukan batu bara, taunya ada batu bara setelah pulang setahun kemaren waktu kerja praktek di Medco E&P Kalimantan, sempat kaget kok banyak truk hilir mudik ternyata bawa batu bara, sempat kaget juga sih waktu itu kok perubahannya sedemikian cepat, hmm jadi senang akhirnya pengangguran berkurang disana, banyaknya warga setempat yang akhirnya pulang dan bekerja di perusahaan batu bara tersebut, dampaknya masyarakat di sekitarnya juga terkena imbasnya dengan berjualan makanan atau menerima kost untuk para pekerja yang dari luar daerah.

Perekonomian di Sangasanga berangsur-angsur membaik padahal dulu sebelum ditemukan batu bara banyak pemuda-pemuda nya yang lari ke daerah lain untuk bekerja nah sekarang keadaannya jadi berbalik, padahal dulu di Sangasanga tuh ngga kebayang gimana sepinya he3, sama sekali ngga akan maju deh kalau disana terus, tapi sekarang boleh nyombong deh rame tenan.

Tapi terkadang sempat ngeri juga kalau dah batu bara itu habis dikeruk hmm bakalan jadi apa yah apa mungkin malah buat danau buatan, sempat dulu nanya sama paman yang bekerja disana kalau di tambang itu dah jadi cekungan gede banget disana, jadi khawatir kalau tambangnya habis trus seperti apa jadinya kalau ditinggalkan hmm PR besar nih buat para penambang terutama yang bertanggung jawab pada yang mengelola tambang tersebut.

Yang ngga habis pikir sampai sekarang adalah kenapa kepala proyek di tempat pertambangan itu selalu bule (orang asing) apa kita-kita ini ngga bisa dan sanggup mengelola proyek-proyek seperti itu, ngga minyak bumi, emas, batu bara semuanya dikelola oleh orang asing jadi aneh padahal ini negara kita sendiri kalau mereka kita pekerjakan sih ngga akan jadi masalah nah masalahnya adalah kenapa kita yang selalu dipekerjakan oleh mereka, di freeport juga terjadi diskriminasi seperti itu kenapa yang bekerja mati-matian malah bergaji kecil sedangkan yang ga ikut punya negara bahkan mendapat gaji yang berkali lipat dimanakah keadilan.

Mungkin pendidikanlah yang mempengaruhi indonesia ini semakin pinter orang maka akan membohongi yang lebih bodoh kasian yang bodoh akan semakin bodoh dan pinter juga akan semakin pinter (pinter mbodohin), dan yang kaya semakin kaya dan yang miskin akan semakin miskin.

47 thoughts on “Sangasanga

  1. iwan says:

    aku sebagai orang sangasanga juga sedikit bangga/senang atas kemajuan perekonomian masyarakat sangasanga khususnya, tapi aku g setuju kalau tanah kelahiranku di obrak-abrik ma uwong londo itu. sistem penggambilan batubaranya berdampak negatif sangasanga. contoh; mata air/ sumur-sumur air para warga mati total, kalo air sungai pasang banyak rumah warga di pesisir sungai kerendem (pendangkalan sungai), hutan gundul, dll. aku g tau apa jadinya sangasanga 10 – 20 tahun mendatang akibat eksplorasi batubara besar-besaran ini… sampai sekarang hutan gundul di sangasanga sudah mencapai ratusan ribu/jutaan hektar… bayangin… “selamat datang bencana alam sangasanga”… sangasanga kota kecil yang g punya hutan lagi… apa kata dunia….. sangasanga terjajah… tanpa kita sadari… sangasanga wis di obok2 uwong londo…
    aku bingung dengan program pemerintah tentang pemberantasan penebangan hutan/ penggundulan hutan di KALTIM… tapi kenapa tambang-tambang batubara yang meratakan tanah (hutan) di biarkan aja… sampai sekarang (5 tahun) belum pernah ada penghijauan di kawasan tambang tersebut…

  2. Jhon says:

    Lam kenal.aku jg kelahiran sanga2.dlu sd di 009,smp nya di smp 1 trs sma di pgri 2.lulus thn 95.tah anda dimana saat ini aku pengen tau karena aku selalu pengen monitor kmpng klhrn ku.krn aku jarang bngt plng kmpng.o y dlu anda disng2 dimana?thn brp lulus sma?

  3. kakeko says:

    wah wah wah kedatangan para putra daerah, bisa-bisanya dua orang mampir pada hari yang sama🙂

    iwan >> oleh karena itu kita sebagai orang sangasanga harus peduli dengan kota kita sendiri, bahkan ada beberapa orang yang malah memanfaatkan situasi untuk ini kepentingan sendiri. Untuk mengurangi dampak buat kota kita tercinta ini mungkin sudah saatnya kita mengawasi program penanaman kembali tumbuhan di daerah tambang tersebut, kita harus tegas, masa setelah tambang batubara habis kita menjadi daerah wisata waduk buatan karena tanahnya bolong-bolong. Apa perlu qta ngumpul di rumahku mumpung aku ngga ada teman ngobrol nih😀 (maklum pengangguran).

    jhon >> halo kak salam kenal, aku sekarang baru 1,5 bulan ini di sangasanga setelah 7 tahun di yk🙂 , Kok g ke sangasanga lagi, emang sekarang dimana? Aku smanya SMU1N Sangasanga. lulus tahun 2000

  4. Jhon says:

    Aku skrg ada di kalteng tepatx dipalangkaraya.aku dlu sering ke pembataan karena byk temen yg rmhx distu.aku ndri tnggl di jembt 8,klo kmu thn 2000 berarti dlu angktnx leti adikx yopie jembt 9 y?eh g deh y,aku klas 3 sma kmu berarti klas 1 smp y.kmu seneng ikt pramuka y?pa msh aktif ampe skrg?aku dlu aktif bngt wkt msh sekolah tp bis tu g lg dah lu2s.o y sorry klo aku nulisx mgkn amburadul krn aku postedx ni pke mini opera via hp cdma.kmu pake apa browsex?tlkmnt instan pa pke gprs?aku pengen bngt tau perkmbngn sanga2 krn dah ampir 10 thn dikmpng org.ada plng kmrn bln juni n tambah ngeri ngeliat keadaanx sng2.bener kata iwan tuh,jadi apa 10 ato 20 thn kedepan ancur dah smuax X y?

  5. kakeko says:

    iya aku senang bgt dengan pramuka bahkan aku sampai kuliah pun masih pramukaan🙂 , pernah jadi panitia raimuna nasional 2003 di prambanan, sekarang masih anggota Racana Gadjah Mada (satuan pandega), aku make mozilla masih pake telkomnet instant abis warnet disini 10 ribu lambat bgt lagi, kalau mau 5000 harus ke samarinda, sering2 pulang kak🙂 , Mari kita doakan Sangasanga 10-20 tahun kedepan menjadi kota yang paling aman dan nyaman🙂 .

  6. Jhon says:

    Aku dlu cm smpt ikt jamnas 91,yg dr smp ypth cewe grace juanita sibarani anaknya om bernard dlu di expan,kmu mgkn tau ato pernah dngr krn grace dlu di ypth bintang kelasnya diangkatan ku,tp aku nya ndiri g di ypth.kmu sd smp nya di ypth kan?aku liat di fs mu.ampe sma msh aktif pramukanya,terakhir dulu batal ikut raimuna yg di adain dikalteng sini krn ada dikit trouble h3:-).jd dlu g smpt tuh namanya ampe pandega cm smpt jd penegak laksana dah cabut n g aktif lg.aku g bs sering2 plng paling cpt 4 ato 5 taun bru bs😦 krn piring nasi nya disini jg ladangnya disini tp Insya Allah aku mang dah niat paling g plng y 2 taun se X,krn cutinya susah amir diambilnya😀.tp aku seneng bngt krn ternyata putra2 kelahiran 99 pinter2 n g kalah ma daerah laen,terutama generasi dibwh ku kaya de Eko,aku bangga juga loh krn dgn karya dan tulisan ade ini aku dan mgkn yg lain2 jd tau dan jd lbh bs monitor perkembngn 99,dan itu sangat2 bagus bngt.yg paling penting lg biar tar 99 jg g bkl jd kota mati ky dlu wkt mnyk ampir abis dan jgn ampe 99 tmpt wisata dan masuk muri dgn rekor kota dgn danau buatan terbnyk diindonesia.

  7. kakeko says:

    kerja dimana kak? kalau kangen sangasanga nanti aku coba ceritain deh perkembangan di sangasanga, oh iya kak dulu tinggal dimana di sangasanga, aku masih nganggur nih ternyata susah juga cari kerjaan di kampung sendiri, padahal putra daerah tambang dimana-mana🙂 , tapi mungkin belum waktunya aja kali yah masih harus banyak bersabar lagi🙂

  8. Jhon says:

    Kebtln dlu bis lu2s sma daftar secaba nya angktan drt n alhmdlh dapet,n penddkn di cimahi 1 taun.dinas dibpp 1 taun jg bru ke p.raya ampe skrg.makanya pramukanya bis lu2s sma ku blng g aktif lg.aku tinggal di jembtn 8,ortu msh disana kok🙂 memang kudenger2 dr kwn2ku jg ssh cr krj di99😦 kok bs y?putra daerah msk n cr krj ditmpt sndr amir2 birokrasi lokalnya.cm y mang itu td tngkt skill ma educate nya jg 1 : 25 X yg mang memenuhi syrt.klo kmu mgkn lbh berpeluang dr yg laen2 De,krn kmu lbh dlm hal educate wlu blm ada pengalaman ( aneh blm krj kok dah dicr pengalamannya y?) tp y sbr aja pokoknya usaha terus dan jgn ampe putus asa, disetiap ada kesempatan dan peluang ikut aja, seXan cr pengalaman dan jgn mudah menyerah walaupun mgkn krj nya g sesuai dgn skill n kehendak kita😀 yg jelas ikhtiar dlu ampe max bru tawakal di penghujung nya.

  9. kakeko says:

    wuih keren langsung dibalasin ol trus ya kak. tentara toh pantesan agak susah kalau mau jalan2 he3. Doain aja yah kak biar bisa cepat dapet kerja dah mulai suntuk disini, biasanya di yk banyak kerjaan n proyek buat website nyampai sini warnet mahal dah gitu lambat bgt lagi.

  10. Jhon says:

    Aku ol pke mini browser krn mls ke wrnt krn wrntnya jg lmbt g ky di jawa?klo download kudu sbr n jg kudu bw duit lbh krn pst minimal 4 ampe 5 jam dech :O pdhl yg didownload g bsr2 jg.ol jg plng2 cek e-mail ma baca koran😀 y2 pasti lah aku doain mdh2n cpt dpt krjnnya.klo ka sugiono kenal krn dlu senior ku jg dipramuka klo tio ade kelas tp dianya disma 1 pertama X buka dia lu2s taun 97 krn aku klas 3 dianya klas 1.dia di yonif 621 kalsel klo g salah.aku kenal krn dlu smpt kumpul jg dipramuka walau cm sebentar.

  11. peny says:

    lam kenal yah ka…. ak anak sanga2 jg jauuuuuh lbh muda dari ka eko. ak seneng banget pas baca tulisannya ka eko, ternyata ada juga yg mo crita tentang sanga2. eh iya katanya dulu ka eko pernah ikutan maen di operet merah putih yah? aku suka banget tuh klo nonton operet itu, apalagi klo pas lagi latihan. klo ga salah dulu latihannya di lapangan 10/10 khan???
    waah jadi kangen ni pengen nonton operet kaya dulu lagi, tapi sayangnya sekarang dah ga pernah diadain lagi pdahal khan bagus juga tuh buat nyalurin bakat anak2 muda di sanga2 dari pada ngebut2an trus konvoi ga jelas jalanan. menurut ka eko kira2 ka eko sutuju ga klo diadain lagi kegiatan operet kaya dulu biar perayaan merah putih disanga2 makin seru ga uma pameran doang????
    pasti bakalan seru tuh klo ada acara kaya gitu lagi……

  12. susiloharjo says:

    iya aku juga kangen sama operet itu, banyak yang bisa didapat dari sana, teman, keluarga, persaudaraan, ilmu acting, penghayatan dan terutama sih rasa nasionalisme, aku jadi ingat waktu nonton naga bonar jadi 2, waktu adegan om dedy mizwar hormat ke jenderal sudirman, ngga terasa air mata meleleh dan aku merasa seperti saat-saat waktu operet dulu, renungan sebelum pentas biar fillingnya dapet, keren bgt memang operet, salah satu budaya acara tahunan yang bagus tapi dah hilang

    salam kenal peny semoga sering2 mampir

  13. elia susanti says:

    hi salam kenal semua namaku elia, aku jg kelahiran sangasanga loo tepatnya 14 juni 1982, tp sekarang aku jauh dari kampung halaman, karna sekarang aku ikut suamiku “dillah” yg lagi kerja di brunei, dia jg anak sangasanga, anaknya pak surya yang fotograper sangasanga itu loh.(he2 alias tukang foto). ya aku kangen juga sih sm keadaan di sangasanga, apalagi kalo ada acara 27 januari seru banget. aku juga dulu pernah ikutan operet loh, tahun 1996 gitu lah waktu masih di smp. wah asik banget dulu waktu ikutan operet walaupun dulu cuman dibayar pake baju kaos doang. tp rasanya sdh bangga banget. klo soal batu bara aku setuju banget tuh apa yang di sampaikan sama eko, kalo batu baranya dah habis jd apa ya sangasanga kampung halamanku yang tercinta, tapi aku sempat kagok juga sih waktu dulu pulang ke sangasanga melihat kemjuan ekonomi sangasanga yg meningkat abis apalagi penghasilan pekerja batubaranya mengalah-ngalahi pekerja medco. selain itu jg orang sangasanga tuh sekarang pada maju-maju, tapi seenggaknya mereka harus ingat dong sama pepatah berani berbuat harus berani bertanggung jawab. itu loh masalah orang-orang besar sangasanga yg ikut andil dalam mengelola batubara di sangasanga, mereka kan udah ambil hasil tambang dari bumi sangasanga dan mereka udah menikmatinya, bahkan dah punya uang ratusan milyar mungkin lg dah triliyunan. kalau mereka dah menikmati hasilnya paling nggak mereka memberikan apa ke’ untuk sangasanga, misalnya bangun balai latihan kerja gratis untuk anak sangasanga, trus kota sangasanga di perindah biar enak di pandang biar jd kota wisata , bikin mall jg boleh biar sangasanga tambah maju dan di kenal dimana, tp jangankan itu semua jalan sangasanga aja aduh ampun deh hancur, padahal si batubara itu melewati jalan itu. tapi kayanya mereka itu tutup mata semua sama keadaan sangasanga yang semakin hari semakin merka hancurkan tanpa ada timbal balik dari mereka, ya aku berdoalah semoga sangasanga ngga sampe hancur.

  14. susiloharjo says:

    Walah ternyata jauh2 di brunei ketemu di blog ini😀 , kak dillah itu masih sepupuku denganku loh mba , bapaknya kak dillah itu julakku😀, yah syukurlah postingan ini malah mempertemukan orang2 sangasanga 😀 ayo yang masih merasa orang Sanga sanga kumpul disini😀

  15. elia susanti says:

    oh… ya eko aku sudah tanya sama suamiku, katanya memang bener kamu itu sepupu sama dia, tapi dia taunya kamu itu oni anaknya om untung. wah gak nyangka ya kita masih ada hub. family jg, salam ya sama keluarga di sangasanga.

  16. susiloharjo says:

    Itulah susahnya itu sering terjadi kalau di Sanga sanga tepatnya seluruh keluarga manggilnya oni bukan Eko, padahal namaku yang bener eko😀 , lebaran pulangkah? oleh2 yah😀

  17. Nurhapidah says:

    Saya asli sangasanga di dekat kantor kecamatan (Pasar) bentar lagi akan mudik lebaran sekitar tgl 29-Sept-08 karena udah kangen kampung halaman, saya sekarang tinggal di Bekasi Timur cari sesuap nasi. Apa ada yg kenal denganku ?

  18. Ridwan says:

    Asslalamualaikum, saya Ridwan, saya juga lahir di sangasanga, tepatnya thn 1990, di sarijaya, yang dulu sepi bnget, he3…, tpi skarang di sarijaya malah rame banget, suara mobil, jdi kyanya padet penduduk…. tpi alhmdulillah sih berkat adanya batu bara perekonomian warga meningkat. Skrng saya lgi mencoba menuntut ilmu di bandung mudah-mudahan ilmu yang saya tuntut ini bisa membangun kota sanga-sanga kita yang tercinta. amin……

  19. Jhon says:

    Ass.Wr.Wb wwwoooowww,….ternyata eh ternyata….ini toh yg dibilang ma mama q maren, katana Anti ade na ancul ( ade y ma ancul ti? lupa aq, kwwkkwwk) tau klo ada aq di sini wwhuhuahuahuahuah,…..gile…kemajuan zaman emang kueren, yg jaoh g tau juntrung na isa ketemu semua disini. (* dipikir” aq yg paling tua disini y hehhhehhe) o ya sorry y De Eko,…dah lama g sapa”,…selain byk tugas juga banyak maen game na😀 . tar januari an rame g y kira”? klo kira” rame aq cuti aacchhh,…(klo isa sih…..,soal na kek maren wktu PON mo pulang malah g isa cuti😦 . e iya, wat Anti, Dillah anak na om surya yg mana y? ade na Hadi y? weqs aq ni bener” kelewatan y? byk lupa na dah phiuuuhhhh. gitu aza dech tar lnjut lagi,….salam semua buat anak sangasanga yg ada disini. klo mau kirim kirim kabar email aza ke email aq y di jhon.hairi@yahoo.co.id. Wassalam

  20. betty john suban says:

    hai orang orang sanga sanga?apakbr neh?aq betty orang sanga sanga juga,di sanga sanga aq tinggal di distrik 5.Saat ini aq tinggal dijkt dan baru 15 tahun,apa ada yg aq kenalkah?

  21. betty john suban says:

    pesan neh buat elia susanti,apa benar nama suaminya irsadianur?kalo benar aku adalah teman smpnya,itu kalo benar lho.

  22. Muhammad riyadi says:

    Assalamu’alaikum..wr wb

    Semoga sangasanga menjadi icon kebangkitan pembangunan ekonomi bebasis kerakyatan diwilayah pantai serta prestasi pendidikannya, bukan terkenal karena batu baranya,oil & gas-nya,jalan-jalannya yang rusak,etc. Kekayaan alam mestinya di manage sedemikian rupa sehingga memberi manfaat bagi rakyat, tapi itulah indonesia uang & kuasa bebrbicara termasuk sangasanga,dimana kepentingan berbicara. Setelah peristiwa merah putih, kita tidak ingin efect dari ekplorasi batu bara menjadikan sangasanga terkenal karena banjirnya.

    Salut buat effort temen-temen semua, salam kangen.
    Good Luck.

    Bravo sangasanga

    Wassalam
    M.Riyadi (motul)
    Asli orang sangasanga kp.jawa

  23. m.riyadi says:

    Sory baru plot lagi kak eko upss..mas eko :p, alhamdulillah apek-apek cak. Piye kabarmu ko? lama banget kita gak ngumpul-ngumpul nih, BTW kemaren tgl 6 juni 2009 juli merit ya ko? ga undang2, gaplei’. Gmana aktivitas d sangasanga ? sekarang jadi pakar telematika yaa…
    salam sukses ko

  24. susiloharjo says:

    tgl 6 juni 2009 juli merit ya ko?

    >> Siapa yang merit? Itu si Juli yang merit aku belum🙂 , BTW dimana sekarang posisi dab?

    Kalau dibilang pakar telematika moh ah nanti saingan ma Pak Roy Suryo🙂

    Di Sanga sanga ngurusin kebakaran🙂 kemaren Kantor Lurah Sanga sanga kebakaran, terus beberapa hari kemudian kebakaran hutan di belakang gudang HANDAK serem banget🙂 tapi sekarang dah lumayan dah ada hujan jadi mengurangi panas

  25. m.riyadi_oi says:

    Aku saiki nang bogor ko’, golek pangan nang bogor. Jadi fireman–fighter fire….noT man oN fiRe hehe…:p, apa penyebabnya ko? ada sabotase ta he..! salam buat bubuhannya ko .

  26. Hidayat Vijaya says:

    Wah rame jg nih blognya eko…slm knal juga…aku hidayat, mngkn ada yg knal dgn ortuku..pak muchlis, dlu di Tesoro yg skrg udah kmbli ke Pertamina.. Ibu dlu kepsek/guru SDN 009, ibu rusniah… Baru kembali ke 99 sktr 2 thn y.l.. Sdh trbayang gmana ancurnya 99 nanti… Tp ttp ga blh pesimis ya?

  27. Hidayat Vijaya says:

    Skrg udah di sanga2, lg nerusin kuliah di unmul program manajemen pesisir… Smbl nunggu giliran nasib baik..haha

  28. safrudin says:

    Qt hanylh org biaz xg kn bt perbhan pd sanga2″ n!e pabl entr qw luluz smk qw mau sprt kakeko xg hbt
    Thankx kak qw dpt inspirazi br n!e smua krn kakak

  29. Markepas says:

    Hlo knlkan q jg org sanga2 nmaq markepas q disanga2 tgl dikebun sayur biasa org2 xbutx sembat q dah hpr 4 thn ga liat sanga2 alx lg sbk study dimakassar lam knl yg sm2 tmn2 yg dr sanga2,

  30. vie says:

    aallloowww!!!!!!!!!!!!!!!!!!heheheheheh..anak sanga sanga euy!!dulu waktu aku msih tinggal disanga sanga gak ada yg namanya blog! apalgi fb apalagi internet!dulu gaulnya yah nongronk maen gitar atau aku dulu sempet iseng jd penyiar radio di tempat om eweh..aku viana yg dipanggil ulvi,..dulu sd 009, smpn2, and smaN 1 lulusan 98..anaknya om dillah yg jahit dipasar..tp sayang ortu divorced trus aku ikut mama ke australia.wah lengkap kan? hehehe sekarang di australia..udah 10 tahun..kangen abis ma sanga sanga,,tp untung ada facebook and blog ini jd bs reconnect ma anak2 99…ngomong soal operet,..dulu emang ikutan operet juga!!seru emang!!!!slam kangen smuanya!!!!!kl ada nasi kuning iwak haruan dikirim2 donk kemari!wekwkwkwk

    • susiloharjo says:

      Wah jauh banget di Australi mba? He3 bentar lagi ada 27 januarian lo? masih inget kan? Pameran merah putih🙂 , nanti deh kapan kapan tak kirimin nasi kuning😀 tapi cuma gambarnya ya😛

  31. Ade' says:

    Wah, telat saya baca postingannya nih. Orang2 sanga-sanga yang lagi dirantau pada kumpul.🙂
    Oh ya, kenalin saya Ade’, bukan asli sangasanga sih tp 10 tahun saya tinggal disangasanga dari kecil, TK sampe SMP kelas 1( TK nya di TK ABBA distrik IV, SDnya di 010 Distrik IV (SD dalem hutan. :D), SMPnya di SMP 1 masuk tahun 2000 tp cuma sampe kelas 1 (kelas 1A) trus pindah keluar kota) saya dulu tinggalnya di Sarijaya. Tepatnya di puskesmas pembantu.
    10 Tahun tinggal disana ngebuat saya jatuh cinta banget sama2 sangasanga. Kota kecil yg bersahaja baik kota dan masyarakatnya. Inget dulu kalo januari ada gerak jalan, kalo 17an apel dilapangan bola 10-10 (kalo gak salah namanya). Pasar malam di depan puskesmas. What a wonderful memories dan banyak lg kenangan manis. :’)
    Terakhir lebaran 2010 kemaren kesanga2, tempat nenek di Kp. Jawa. (Bentar doang, gak sempet keliling2). Emang sering denger kalo di sanga2 sekarang tambang lagi laju2nya. Nilai positifnya emang yg kaya’ udah dibeberin, perekonomian sanga2 tumbuh, pengangguran berkurang. Tp menurut saya lebih banyak negatifnya. (Saya kebetulan aktif di LSM peduli lingkungan). Miris, hatiku ngeliat banyak danau2 bekas eksploitasi di sananya kampung jawa (kalo mau keBpp lewat dondang, lupa namanya. :)), itu baru disana belum yg kearah muara katanya ada juga. Mau jadi apa sanga2 10-20 tahunan lg.😦.
    Saya arsitek, Walaupun udah gak tinggal di sanga2 lagi, saya punya cita2 mau tinggal disitu lagi nanti dan ngebaikin sanga2 dengan bidang ilmu saya. Hopefully.

    • susiloharjo says:

      Tidak kata terlambat untuk bersilaturahmi kok🙂, semoga blog ini juga bisa berbagi kangen buat teman teman yang sudah jauh dari sanga sanga, kebetulan sekarang saya juga sudah g disanga sanga, kabar terakhir sanga sanga sering banjir, sudah mulai terlihat dampak dari gundulnya hutan akibat batu bara, kembalikan sanga sangaku seperti dulu😦

  32. Vhani says:

    Sy juga dari sanga2 sempat tinggal di distrik 5 tp dulu namanya masih kebun sayur pedalaman banget tauhun 97 atau 99 lupa trus spertinya skolahnya di bangsal hutan atau apalah z lupaa cuma sampai kelas 3sd pindah ke mkssr.. Cari postingan tentang kebun sayur tp katanya udah ganti nama jd distrik 5 .. Apa benarr itu kebun sayur yg ku maksud k? Kangen soalnya ama tempat main dlu 😥. Serasa pengen main ke sana tp katanya udah brubah ngk se sejuk dlu lagi skrg udah jd danau ngk ada kehidupan lagi .. Sedihnyaaa …

Ditunggu komennya ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s