membaca file chm di kde


Barusan donlot file chm bagus dari internet eh malah ngga bisa dibuka toh ternyata di linux, yah sudah bertanya lah ke om google nah dapat ternyata kalau di KDE kita butuh kchmviewer biar bisa baca file tersebut, buka terminal tinggal tulis

apt-get install kchmviewer

udah deh selesai kurang lebihnya semua prosesnya seperti terlihat dibawah. Cara ini berlaku di PClinuxOS kalau dengan yang lain kurang tahu belum pernah nyoba 🙂 . Nah sekarang dah sip mo baca-baca file berformat .chm

apt-get install kchmviewer
Reading Package Lists… Done
Building Dependency Tree… Done
The following NEW packages will be installed:
kchmviewer
0 upgraded, 1 newly installed, 0 removed and 304 not upgraded.
Need to get 268kB of archives.
After unpacking 681kB of additional disk space will be used.
Get:1 http://dl2.foss-id.web.id pclinuxos/2007/kde kchmviewer 3.1-1pclos2007 [268kB]
Fetched 268kB in 3s (86.5kB/s)
Committing changes…
Preparing… (100%########################################### [100%]
1:kchmviewer ( 10%########################################### [100%]
Done.

Advertisement

Para Pencari Tuhan


Ada acara asyik menemani sembari makan sahur, sekarang acara-acara menemani sahur semakin ngga jelas aja, ada yang isinya ketawa-ketawa ngga jelas sampai ngakak-ngakak wah puyeng aku, mbo acara menemani sahur itu yang lebih bermanfaat eh malah bikin acara ngga jelas mo dibilang lucu yah sebenarnya agak dipaksakan, saya sih setuju aja dengan bagi-bagi hadiah nya tapi mbo acara nya dikemas lebih bermanfaat.

Coba deh nonton Para Pencari Tuhan yang dibintangi Deddy Mizwar dll, acara tersebut mampu membuat sebuah alternatif yang saya yakin banyak disukai daripada nonton acaranya yang isinya orang yang ga lucu tapi ketawa-ketawa. Memang Deddy Mizwar selalu mampu membuat sinetron islami yang santai tapi sarat dengan pengetahuan ini yang sebenarnya dibutuhkan oleh orang-orang islam mengenal islam dengan cara yang berbeda.

Sudah saatnya TV-TV swasta meniru SCTV menyajikan acara yang lebih bermanfaat daripada isinya hahahihihahahihi ngga jelas. Semoga tim kreatif para pembuat acara TV lebih cermat membuat acara yang lebih mengena.

KEEP MOVING FORWARD


AROUND HERE, HOWEVER WE DON’T LOOK BACKWARD FOR VERY LONG. WE KEEP MOVING FORWARD, OPENING UP NEW DOORS AND DOING NEW THINGS, BECAUSE WE’RE CURIOUS … AND CURIOSITY KEEPS LEADING US DOWN NEW PATHS.

from film meet the robinson

Hentikan provokasi


blog warBelakangan ini jadi eneg melihat tindak laku para blogger yang menulis seenaknya sendiri, mbo kalau nulis itu dipikirken terlebih dahulu, nulis kok isinya provokasi maksudnya apa gitu, mau perang dunia ke 3 kah?, sudah senang indonesia merdeka, sudah damai perang di aceh, di ambon dan kita berharap juga perang di indonesia ini juga semuanya berhenti, apasih sebenarnya maksud dari semua ini bingung?, apa mau perang di internet juga.

Jadi orang kok bisanya hanya menjelek-jelekkan tapi ngga ngaca seperti apa diri kita sendiri, hati-hati terhadap tulisan-tulisan yang judulnya kontroversi iya kalau yang mbaca bener-bener ngerti maksudnya, tapi kalau ngga kan bisa berabe bisa-bisa ada yang saling bunuh, bener teman-teman punya hak untuk menulis wong itu blog kalian sendiri, apakah cuma gara-gara keinginan menaikkan pengunjung jadi menulis yang macam-macam yang sebenarnya ngga tahu benar apa salahnya.

Continue reading Hentikan provokasi

sabar : keajaiban seorang mukmin


Dari Suhaib r.a., bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mukmin; yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR. Muslim)Sekilas Tentang Hadits :

Hadits ini merupakan hadits shahih dengan sanad sebagaimana di atas, melalui jalur Tsabit dari Abdurrahman bin Abi Laila, dari Suhaib dari Rasulullah SAW, diriwayatkan oleh:

• Imam Muslim dalam Shahihnya, Kitab Al-Zuhud wa Al-Raqa’iq, Bab Al-Mu’min Amruhu Kulluhu Khair, hadits no 2999.

• Imam Ahmad bin Hambal dalam empat tempat dalam Musnadnya, yaitu hadits no 18455, 18360, 23406 & 23412.

• Diriwayatkan juga oleh Imam al-Darimi, dalam Sunannya, Kitab Al-Riqaq, Bab Al-Mu’min Yu’jaru Fi Kulli Syai’, hadits no 2777.

Makna Hadits Secara Umum

Setiap mukmin digambarkan oleh Rasulullah saw. sebagai orang yang memiliki pesona, yang digambarkan dengan istilah ‘ajaban’. Pesona berpangkal dari adanya positif thinking seorang mukmin. Ketika mendapatkan kebaikan, ia refleksikan dalam bentuk syukur terhadap Allah swt. Karena ia paham, hal tersebut merupakan anugerah Allah. Dan tidaklah Allah memberikan sesuatu kepadanya melainkan pasti sesuatu tersebut adalah positif baginya. Sebaliknya, jika ia mendapatkan suatu musibah, ia akan bersabar. Karena ia yakin, hal tersebut merupakan pemberian sekaligus cobaan bagi dirinya yang ada rahasia kebaikan di dalamnya. Sehingga refleksinya adalah dengan bersabar dan mengembalikan semuanya kepada Allah swt.

Urgensi Kesabaran

Kesabaran merupakan salah satu ciri mendasar orang yang bertaqwa. Bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa kesabaran setengah keimanan. Sabar memiliki kaitan erat dengan keimanan: seperti kepala dengan jasadnya. Tidak ada keimanan yang tidak disertai kesabaran, sebagaimana tidak ada jasad yang tidak memiliki kepala. Oleh karena itu, Rasulullah saw. menggambarkan ciri dan keutamaan orang beriman sebagaimana hadits di atas.

Makna Sabar

Sabar merupakan istilah dari bahasa Arab dan sudah menjadi istilah bahasa Indonesia. Asal katanya adalah “shabara”, yang membentuk infinitif (masdar) menjadi “shabran“. Dari segi bahasa, sabar berarti menahan dan mencegah. Menguatkan makna seperti ini adalah firman Allah dalam Al-Qur’an: “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (Al-Kahfi: 28)

Perintah bersabar pada ayat di atas adalah untuk menahan diri dari keingingan ‘keluar’ dari komunitas orang-orang yang menyeru Rabnya serta selalu mengharap keridhaan-Nya. Perintah sabar di atas sekaligus juga sebagai pencegahan dari keinginan manusia yang ingin bersama dengan orang-orang yang lalai dari mengingat Allah swt.

Sedangkan dari segi istilahnya, sabar adalah menahan diri dari sifat kegundahan dan rasa emosi, kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah.

Amru bin Usman mengatakan, bahwa sabar adalah keteguhan bersama Allah, menerima ujian dari-Nya dengan lapang dan tenang. Hal senada juga dikemukakan oleh Imam Al-Khawas, “Sabar adalah refleksi keteguhan untuk merealisasikan Al-Qur’an dan sunnah. Sehingga sabar tidak identik dengan kepasrahan dan ketidakmampuan. Rasulullah saw. memerintahkan umatnya untuk sabar ketika berjihad. Padahal jihad adalah memerangi musuh-musuh Allah, yang klimaksnya adalah menggunakan senjata (perang).”

Continue reading sabar : keajaiban seorang mukmin

Bapak itu seorang imam


Tertegun aku melihat seorang bapak dengan kaki terbelut perban di bagian telapak kaki sampai dengan mata kakinya, dengan agak kesusahan beliau berdiri dengan kaki yang satu menopang kaki yang lainnya. Dengan perlahan beliau menjalankan rakaat per rakaat sholat sunnah dan kadang-kadang dipercepat terutama ketika ruku’ dikarenakan sakit barangkali dan juga karena harus menjaga keseimbangan , akhirnya sholat itu selesai juga dan ada kata bersyukur yang dalam ketika melihat salam sehabis sholat sunnah di wajah bapak tersebut.

Setelah sholat kuperhatikan bapak tersebut mengambil sebuah botol kecil minyak angin dan kemudian mengusapkan secara perlahan di bagian kaki beliau hmm mungkin sakit kali yah, tanpa disengaja ternyata teman disebelahku juga memperhatikan bapak tersebut, aku bertanya padanya kenapa ya kira-kira kaki bapak tersebut dia berkata kemungkinan besar kena DM (Diabetes) dan kakinya luka tapi ngga sembuh dikarenakan bagi penderita DM akan susah menyembuh kan luka tersebut.

Aku berpikir di sela-sela menunggu sholat isya, subhanallah bapak itu dengan luka yang seperti itu masih semangat ke mesjid sedangkan aku yang sehat walafiat kadang memilih sholat di ruang sanggar dengan dua orang sampai tiga orang saja sedangkan bapak tersebut yang jalan aja susah lebih memilih sholat di mesjid. Perlahan-lahan pendengaranku mulai tertuju pada suara klakson mobil dan deru kendaraan yang berdesak-desakan di seberang jalan, aku pun mulai mikir lagi ternyata masih ada orang yang lebih kasihan daripada aku, ternyata masih ada orang yang keabisan waktunya dijalan dikarenakan macet padahal sudah masuk waktunya sholat isya dan tarawih.

Continue reading Bapak itu seorang imam

Menjadi hacker di dalam game


Jadi ingat jaman dulu pernah nemuin game keren belajar jadi hacker nah setelah kemaren bernostalgia dengan mas liliks akhirnya kutemukan juga gamesnya, hmm tapi sepertinya ini game yang lain BTW ngga papalah daripada ngga ada mainan yang lain khan 🙂 , nah ini ada linknya, silahkan menikmati.

nguantuk banget


Dah dari semenjak tarawihan pertama aku gak tau apa yang salah dengan diriku, bahkan sampai sekarang pun aku kena penyakit nguantuk luar biasa ketika ceramah sebelum tarawihan. Setelah kuingat-ingat ini menimpaku setiap ceramah sebelum tarawihan sampai dengan malam ini. Bahkan sampai eneng ku bilang jangan-jangan di gigit lalat pembuat ngantuk apa sih yah namanya aku lupa dia bilang lalat apa gitu.

Sudah berbagai macam cara kugunakan dari makan sedikit, makan banyak, ngga makan , mandi sebelum tarawihan tetapi tetep aja nguantuke puoll, jadi selama sholat isya masih ngga papa tapi ketika seperempat jalan ceramah dimulai aku pasti sudah angguk-angguk tapi ngga pake geleng-geleng 🙂 . Rasanya sakit buanget nahan ngantuk dari nyubitin badan biar ngga ketidur, njewer kuping sampai kerasa sakit, tetep aja nguantuk.

Kira-kira apa yang menimpa diriku yah, ada ngga yang tau kenapa, padahal aku ingin sekali ngga nguantuk dan mendengarkan ceramah dengan baik hiks sedih buanget rasanya. Sepertinya si alien belum melepaskan alat pembuat rasa malas di tubuhku hiks.

Plz help me

 

lftp | ftp client di console


Ada yang tau? pasti para administrator ada yang pernah pake . Ini lagi iseng sore-sore sambil nunggu buka puasa nyoba lftp. Jadi kalau biasa pake filezilla buat ftp client pasti dah biasa nah kalau mau pingin luar biasa coba deh lftp. Dengan lftp kita bisa ngeremote hosting kita via console, wuedan man sekali coba buka man lftp baca sebentar lalu tiba saat yang dinanti-nantikan nyoba.

Pertama-tama nyoba masuk ke hostingan dulu waktu buat web ternyata bisa euy, nah karena sekarang lagi mau buka puasa jadinya buat postingan aja, nah besok atau nanti malam baru ngubek-ngubek lagi mainan baru 🙂 . Linux memang luar biasa kekuatan tanpa batas dilakukan via text mode di console, jadi ingat dulu pertama kali diajari console mas liliks di DSL bosen banget rasanya ngga tau mainan opo iki kok console, isinya cuman text tapi lama-kelamaan asyik juga main di console.

Sekilas tentang lftp sama halnya ketika kita di console semua perintah-perintahnya sama persis (baca juga ini ), nah yang lagi iseng juga seperti saya bisa nyoba-nyoba bermain lftp sebagai ftp client dan rasakan sensasinya he3, bahkan sangking cepatnya sampai ngga kerasa kalau ini remote-hosting kerasanya localhost alias buka-buka file di komputer sendiri.