pahala itu apa pak?


Ketika tadi tarawihan ada pertanyaan yang menggelitik saya jadi begini ceritanya, ada seorang ayah dan anaknya yang duduk disebelah saya ketika tadi pas tarawihan, nah setelah sholat isya terjadi percakapan seperti berikut:

Anak (A) : Pak kok habis sholat isya kok pada sholat lagi sholat apa sih pak

Bapak (B) : Sholat sunnah nak

A : Pak sholat sunnah itu apa pak

B : Bapak nya terdiam sebentar

A : Pak sholat yuk pak

B : Sholat sunnah itu kalau dikerjakan dapat pahala kalau ngga dikerjakan ngga dapat pahala nak

A : Wah berarti nanti kita ngga dapat pahala dong pak

B : iya ngga papa

A : Ngga papa pak kalau ngga dapat pahala

B : iya ngga papa

A : Pak pahala itu apa sih pak

B : Si Bapak Hanya bisa terdiam kemudian berkata pelan Pahala itu yah Pahala

A : Si anak akhirnya bingung dan terdiam

Dan setelah itu pembicaraan pun terhenti ketika ceramah sebelum tarawihan pun dimulai dan akhirnya sang anak pun tertidur karena ngantuk. Hmm sebuah diskusi yang bagus dan untuk renungan kita semua.

2 thoughts on “pahala itu apa pak?

  1. rahmawati says:

    wah,fatal nih bapaknya.. Belum belajar mendidik anak apa belum belajar agama? (somse ya? hehehe, penonton memang paling hebat)
    Makanya latihan mas, ntar kalo punya anak dan ditanyai pertanyaan yang sama biar ga kagok!šŸ˜€

  2. tiyok says:

    Iya ya, pahala itu apa? Terus, dosa itu apa pula? Susah memang menjelaskan hal yang abstrak…
    Ah, daripada repot, bilang saja itu adalah sebuah perbuatan baik yang memberikan manfaat. Jangan, jangan paparkan konsep surga-neraka dulu, sama saja dengan mendoktrinasi si anak. Kasihan, masih lugu. Lebih baik biarkan dia mengerti esensi yang namanya berbuat baik, lalu diterangkan bahwa berbuat baik (pahala) juga bisa dilakukan melalui perbuatan baik dengan orang lain.
    Baik bukan? Bila semua baik, dunia menjadi baik dan orang-orang akan senang. Senang itu juga baik lho (asal memang berbuat baik).
    Ah, coba hitung kata-kata ‘baik’ yang saya gunakan.
    Baik, sekian dulu…

    A: Bapak, baik itu apa ya?
    B: Waduh…
    šŸ™‚

Ditunggu komennya ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s