Scientific vs metric notation


Scientific notation

Ada yang belum tahu bedanya scientific notation dengan metric notation, baiklah disini kak eko akan menjelaskannya J . Jadi yang namanya scientific notation tidak lain adalah suatu cara untuk menyederhanakan penyebutan dari sebuah nilai sehingga didapatkan penyebutan yang lebih mudah, biasa cara ini dilakukan ketika kita ingin menemukan keakuratan sebuah nilai.

Daripada bingung ini nih yang namanya scientific notation.

Ada yang masih ngat massa proton J ini nih masa proton = 0.00000000000000000000000167 grams nah kalau kita nyebutin tuh nilai kan puanjang banget khan ribet bilangnya, nah dengan scientific notation kita bisa menyebutnya dengan cara yang lebih pendek lebih simple. Maka massa proton kalau disederhanakan akan menjadi 1.67 x 10-24 grams nah gampang kan nyebutnya, 1,67 dikali 10 pangkat minus 24 ngga lagi ribet 0.00000000000000000000000167 grams. Caranya ada yang belum tahu pasti dah tau semua kan masa ngga bisa, caranya gampang tinggal dihitung mundur komanya kebelakang sampai dengan dibelakang satu maka akan didapat nilai 24 dikarenakan nol koma maka nilainya jadi minus. Contoh lain yang lebih gampang misalkan 1000 maka akan menjadi 1 x 103 kalau yang ini dikarenakan nilainya tidak nol koma maka nilainya positif sehingga komanya degeser kedepan sehingga menjadi dibelakang 1 sebesar 3 maka menjadi 10 pangkat 3 alias 103.

Metric notation

Nah kalau tadi kita bicara tentang scientific notation sekarang kita akan bicara tentang metric notation, nah kalau yang ini lebih mudah lagi, jadi kalau pada scientific notation kita nyebutnya 103 nah kalau disini akan diganti dengan satuan lain sehingga menjadi 1 kilo, berikut konversinya.

Yotta = 1024 Symbol: Y

Zetta = 1021 Symbol: Z

Exa = 1018 Symbol: E

Peta = 1015 Symbol: P

Tera = 1012 Symbol: T

Giga = 109 Symbol: G

Mega = 106 Symbol: M

Kilo = 103 Symbol: k

Hecto = 102 Symbol: h

Deca = 101 Symbol: da

Deci = 101 Symbol: d

Centi = 102 Symbol: c

Milli = 103 Symbol: m

Micro = 10-6 Symbol: ¹

Nano = 10-9 Symbol: n

Pico = 1012 Symbol: p

Femto = 10-15 Symbol: f

Atto = 1018 Symbol: a

Zepto = 10-2 1 Symbol: z

Yocto = 10-24 Symbol: y

Sekarang dah tau khan bedanya jadi kalau kita nemuin satuan-satuan tersebut ngga usah bingung Cuma cara penyebutannya aja yang beda.

Contoh : daya listrik sebesar 15000 Volt

Maka cara nyebutnya dalam satuan scientific akan menjadi 15 x 103 volt

Kalau dalam metric akan menjadi 15 KV ( Kilo Volt)

Gampang khan🙂

Ditunggu komennya ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s