Yang harus dipersiapkan dual OS linux + win


Sedikit berbagi tentang Dual OS di komputer, Dual OS atau dua sistem operasi biasanya dilakukan oleh newbie seperti saya atau buat orang yang suka gonta-ganti distro seperti saya jadinya kalau yang primary ngga bisa jalan masih ada backup satu sistem operasi lagi, kalau dulu sih sebelum ngantor yang jadi primary OSnya linux soalnya ngga buat gambar autocad , nah karena sekarang sering pake autocad jadinya mau ngga mau harus  make windows, nah sekarang nih laptop hanya diinstall windows, lo kok malah curhat, langsung aja yah biasanya kalau aku mau buat dual os yang tak install pertama adalah windowsnya susah kalau mau buat boot loader dari windows tidak otomatis seperti di linux, setelah windows terinstall cari partisi harddisk yang agak longgar, kalau mau nyaman sih sediakan min 4GB buat linux itu udah termasuk /swap, /boot, /root/dan /home.

Kalau udah dapat partisinya partisi ulang partisinya siapkan buat linux dengan ekstensi dalam format linuxext3, kalau bisa yang 4 GB tadi langsung aja dibagi menjadi 3 bagian besar.yaitu;

  1. ext3 yang ini untuk naruh /root kurang-lebih 3GB
  2. ext3 yang ini buat naruh /home seperti mydocument kita jadi kalau install ulang linux /root nya aja yang diformat.
  3. linux swap yang ini besarnya 2 kali jumlah RAM kalau ramnya dibawah 512, kalau lebih dari atau sama dengan 512 aku biasanya naruh swap 300MB ini menurut pengalamanku CMIIW.

Udah ini langkah awal untuk mempersiapkan komputer dual OS

to be continued menginstall linux …

Advertisement

Web gratisan lagi


Kali ini hanya akal-akalan dan iseng saja, kebetulan ngeliat pas lagi bekelana di ranah maya ini ketemu sama yang gratisan lagi dan isenglah dicoba ternyata bener gratis dan sukses ngeforward blog ini ke alamat http://kakeko.co.cc jadi ngerasa punya web sendiri padahal hasil forwardan dari wordpress 🙂 , semoga ngga di blok wordpress ku soale aku belum baca perjanjian soal ngeforward ini, dibolehin ngga yah sama wordpress 😀 ngga taulah, pokoknya saya juga ngga bertanggung jawab apabila ada yang ngikutin cara saya ini terus blognya di block sama wp 😀