Membuat XAMPP jadi Intranet web server


Jadi begini kasusnya kemaren aku install WAMP di TABI (“nama laptopku yang macho (Panasonic Toughbook) jadi cute gara gara namanya diganti jadi TABI :p ), tapi karena tidak php friendly cerewet banget akhirnya aku kembali menggunakan XAMPP ku untuk projek webserver ini, nah ternyata setelah ganti XAMPP semuanya berantakan yang semula webservernya bisa running dengan baik dengan cara mengakses IPku di komputer jaringan kantor eh mendadak macet padahal settingannya dah tak ubah semua, nah biar gak lupa dan biar ilmunya jadi berkah ya udah semoga beberapa tips berikut bisa bermanfaat

  1. Install XAMPP
    ubah settingan httpd.conf nya di kalau ditempatku di C:\xampp\xampp\apache\conf menjadi

DocumentRoot “C:/xampp/xampp/htdocs”

Options Indexes FollowSymLinks
AllowOverride all
Order Deny,Allow
Allow from all

2. Setelah itu belum selesai berdasarkan petuah dari berbagai macam sumber kita harus juga merubah settingan httpd-vhosts.conf di C:\xampp\xampp\apache\conf\extra ditambah dengan

DocumentRoot “C:/xampp/xampp/htdocs”
ServerName 127.0.0.1

# Other directives here …

DocumentRoot “C:/xampp/xampp/htdocs”
ServerName isi dengan IP

# Other directives here …

Restart XAMPP

3. Seharusnya sekarang coba running masuk ke webserver ketik http://localhost di browser dah bisa masuk ke webserver kita lalu coba ketik ip kita seharusnya juga sudah bisa masuk juga, Nah sekarang coba lagi lewat komputer lain yang terhubung jaringan dengan komputer kita contoh :

Komputer terinstall XAMPP 192.168.0.4
Komputer lain yang sejaringan dengan kita 192.168.0.5

maka dari komputer ini (192.168.0.5)Β  coba ketikkan IP 192.168.0.4 di browser kalau sudah bisa running selamat maka anda berhasil, kalau belum bisa maka coba matikan windows Firewall anda maka coba lagi pasti sekarang sudah berhasil.

Pfiuh akhirnya selesai sekarang dah bisa berjalan dengan baik, dan bagi yang punya masalah serupa coba deh tips ini semoga bermanfaat

Author: susiloharjo

Khoirunnas anfa'ahum linnas A Father, Husband and love to learn person Love my Family, Electronics, Photography, Robot, Dreaming, Programming

43 thoughts on “Membuat XAMPP jadi Intranet web server”

      1. sudah mas, dan memang semua berjalan dengan baik waktu kita akses di kompter server. Ip server 192.168.2.30 sedangkan ip client 192.168.2.1. pas di buka di client tampilan webnya berantakan. sepertinya browser tidak menampilkan gambar dengan baik.

        di sever saya install wordpress dan saya letakkan di folder htdocs. dari client saya mengetikkan di browser http://192.168.2.30/wordpress.

        mohon maaf dan terima kasih sebelumnya atas perhatianntya…

  1. waw,,berhasilll
    terima kasih banyak tutorialnya pak
    akhirnya bisa juga bikin webserver lokal πŸ˜€ πŸ˜€

  2. Kalau tahap ini udah dilewati, nah buat ngubah ip jadi nama gmn sih mas? bsa ngak ya?

    maksudnya, kalau clent aku suruh buka pake ip ku. kok rasanya rada repot ya?
    bisa ngak ipnya dijadiin mirip domain gitu. tapi tetep intranet. πŸ˜€

    Thank’s

      1. file hostname ane yang di C;/windows/system32/driver/etc/hosts udah ane tambah 127.0.0.1 gudang.com dan di httpd-vshost.conf juga udah disetting virtual server name gudang.com tapi ga bisa diakses pake gudang.com selalu pake ipaddress. Itu caranya gimana lagi gan?

      2. masih blm bisa gan,
        ini kasusnya begini gan. PC1 dengan IP address 192.168.0.2 yg ada xampp dan udh disetting di vshost sama di file hostnya juga udh diedit.
        Di PC2, dan PC seterusnya pengen akses web ke PC1 pake nama server, bukan pake IP address

      3. oh begitu, kalo selain disetting di situ bisa ga gan? atau setting lewat router.
        Thx info sebelumnya

  3. mohon bantuanya rekan2,,mau tanya,,saya tanya,bisa g intranet d sambungin klo beda kantor??masalahnya antara kantor saya dengan kantor yang lain lumayan jauh.mohon pencerahanya.klo ada agan2 yang bisa bantu silahkan kirim email ke adhidevas@gmail.com.

    terima kasih sebelumnya

      1. saya mau tanya lg.. saya nih make xampp.. sudah conect dengan PC Client. cuma permasalhanya untuk pc konek cuma halaman Mysql saja yg bisa di akses sempurna sedangkan untuk websitenya misal ip-server/website hanya susunan html saja no css no java no image, itu kenapa ya bang ya? mohon infonya terimakasih πŸ˜€

      2. sudah bang, jadi untuk akses melalui laptop server tampilan sempurna seperti biasa. namun jika di akses di laptop client tampilan seperti yang saya jelaskan di atas yaitu htmlnya saja.. untuk laptop clientnya pun saya sudah menonaktifkan firewall dll..

  4. Permisi saya mau nanya sebelumnya,, saya Punya website localhost dengan frimework/CMS dari WordPress setelah saya setting bisa di accses lewat computer lain dalam jaringan lan akan tetapi tampilanya hanya berupa HTML rill gambar dan templatenya gak ikut masuk cuma bentu tulisan tulisan nya saja yang keluar terimakasih,,,,
    mohon di bales dengan segera ke FB saya atau bisa juga lewat email Aziez.samsung@gmail.com
    terimakasih. mohon bantuanya πŸ™‚

  5. aku punya permasalahan ni boss……
    aku punya database localhost (XAMPP) dan aku punya source code PHP yang sudah di upload ke hosting websiteku.
    nah permasalahannya itu
    database localhostku itu gak ingin aku upload ke hosting karena datanya private, sedangkan aku mau bisa di akses melalui handphone datanya.
    untuk pemanggilannya sudah aku buat di PHP yang sudah aku upload ke hosting websiteku.

  6. bang, mau nanya, kalau mau ubah alamat ip nya jadi Name Serer bisa gk ya? posisi windows server 2016, cliet iMac.

Ditunggu komennya ...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.