Bagaimana Safety talk/Toolbox talk yang baik


Safety talk, Safety Meeting, Toolbox talk adalah sebuah forum atau diskusi yang dipresentasikan oleh pihak yang kompeten seperti supervisor atau safety departemen untuk membahas suatu pekerjaan di tempat kerja, biasanya diskusi ini dilakukan tidak lama hanya sekitar 10-20 menit untuk membahas pekerjaan yang akan dilakukan.

Toolbox atau safety talk biasanya membicarakan tentang pekerjaan yang akan dilakukan seperti bagaimana urutan kerja/ prosedur, risk assesment, dan identifikasi bahaya yang akan muncul, dan penanggulangan apabila terjadi keadaan darurat. Kegiatan ini dilakukan pada saat sebelum melakukan pekerjaan.

Pastikan semua pekerja yang akan bekerja memahami pekerjaannya, bahayanya dan cara menanggulangi bahayanya, dan mengetahui siapa yang akan dihubungi apabila terjadi keadaan darurat. Pastikan juga semua pekerja fit saat bekerja, penyebab dasar yang sering timbul pada saat kecelakaan adalah dikarenakan kelelahan, gagal mengidentifikasi bahaya dan melakukan shortcut prosedur kerja.

Toolbox/ Safety Talk wajib dijalankan setiap akan memulai pekerjaan, pastikan job safety analysis sudah dibuat dan disosialisasikan, kalau pekerjaan tersebut bersifat rutin dan berulang maka wajib dibuatkan prosedur kerja.

Ditunggu komennya ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s