screen-shot-2016-10-07-at-9-16-30-am

Dimulai dari mimpi


Sudah lama sekali ngga mengisi blog ini, mumpung lagi senggang sekalian update project 3d printer lagi, kenapa lagi karena beberapa waktu yang lalu sempat ada keinginan membuat 3d printer dari PVC dengan mengacu design corexz, nah kali ini buat lagi 3d printer dengan agak serius dikit tapi sebisa mungkin low budget.

Yang penting dalam membangun 3d printer adalah frame, kalau frame tidak bagus sudah dapat dipastikan printernya akan gagal, kriteria bagus adalah yang pasti frame kuat dan tidak goyang2. Nah kali ini saya menggunakan frame besi kotak dengan ukuran 20cmx20cm, harganya dipasaran cukup murah satu lonjor panjang 6 meter cukup untuk membuat seperti printer seperti yang saya buat.

Untuk dimensi printer belum bisa dapat angka pastinya tapi sepertinya dikisaran 15cman, karena beberapa partnya saya menggunakan sisa project 3d printer pvc kemarin, yang jadi masalah sebenarnya adalah saya waktu itu pesan rod stainless steelnya diameter 8mm panjang 25 cm, walhasil akhirnya setelah dipotong mounting dll sepertinya cuman dapat segitu dimensi printnya.

Kalau kemarin designnya mengadopsi corexz nah yang sekarang adalah corexy bedanya adalah … cari sendiri, kurang lebih designnya seperti gambar dibawah.

Satu catatan dalam membuat apapun adalah selesaikan design kalau sudah fix baru eksekusi kalau ngga bakalan gigit jari karena tidak sesuai dengan kenyataan, curhat nekad ngeprint part ternyata miring semua hu3.

Semoga lancar yang ini Bismillah

Ditunggu komennya ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s