Swapping E0 to E1 RAMPS 1.4


fb_img_1476746400123

Kali ini berbagi tips tentang 3d printer yang senasip dengan sayaūüėÄ, tipsnya yaitu cara swapping E0 yang ada di RAMPS 1.4 ke E1, pada kasus saya E0nya terbakar karena overcurrent ketika saya maksa memperbesar arus pada trimpot, cara berikut saya praktekkan pada firmware repetier 0.92 kalau menggunakan firware silahkan dicari2 yang penting paham konsepnya.

Sebenarnya caranya gampang tinggal buka pins.h di firmware menggunakan arduino IDE, trus cari tipe board dan tipe modul driver 3dnya, kalau saya karena menggunakan arduino mega 2560 dan RAMPS 1.4 maka kodenya 33, maka saya tinggal search di pins.h 33 terus cari kode seperti gambar diatas.

Letak E0 dan E1 sebenarnya ditandain oleh pengkodean port atau apalah itu saya kurang pasti, tinggal diswap saja angka dibelakang keterangannya yg semula di E0 menggunakan 26,28,24 saya ganti menggunakan port E1 menjadi 36,34,30 silahkan lihat gambar.

Setelah itu upload sketch ke arduino mega 2560 tunggu sampai selesai setelah itu selesai tinggal pindahkan motor stepper dari E0 ke E1 jangan lupa motor drivernya juga ikut dipindahkan.

Naikkan suhu sampai lebih dari 170 derajat kemudian test extrude kalau semuanya berjalan lancar pasti sekarang steppernya jalan kembali.

Semoga bermanfaat, Salam 3d Printing

Ditunggu komennya ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s