Bermain dengan cad software solvespace


 

Kali ini mencoba software solvespace, software ini bisa berjalan di windows, mac , dan ubuntu, kenapa mencoba software ini adalah pertama karena kompatibelnya dibanyak OS, file installernya kecil (windows 6MB, ubuntu 2MB, Mac 2MB) dan softwarenya ringan banget, selain itu pula software ini sudah mendukung parametric.

Yang saya sukai dari software ini selain openscad yang sudah saya bahas di postingan saya yang lalu adalah kemudahan merevisi kembali kedesign sebelumnya tanpa merubah yang sudah kita buat setelahnya. Misalnya ni ketika kita membuat design 2D kemudian kita ekstrude kalau di software yg tidak mendukung parametric kalau kita ingin merubah posisi atau dimensi pasti kerja dari awal, tapi tidak dengan software parametric semuanya bisa dirubah tinggal kembali ke history sebelumnya dirubah kemudian bisa kembali lagi ke  posisi akhir dari design kita tanpa merusak design yang sudah kita buat setelahnya.

Saya sudah mencoba beberapa aplikasi cad free yang lain tapi entah knapa selalu bingung karena terlalu banyak option tidak praktis, solvespace dengan kesederhanaannya sangat powerfull tapi awalnya harus nonton tutorial dulu sambil nyoba baru bisa ngeh karena awalnya rumit bgt tapi selelah paham konsepnya jadi gampang banget.

Rekomen banget untuk yang ingin  bisa mendesign cad tapi spek komputer terbatas dan bisa multiplatform. Sepertinya bakalan sering pake solvespace ini karena ringan bgt dan responsive sekali.

Design pertama menggunakan solvespace adalah  design fan untuk ekstruder printer 3d sayaonixBot, saya mendesign ini di komputer saya dengan OS linux bukan di mac hanya tampilan saja seperti mac.

Ditunggu komennya ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s