Membuat git server sendiri di raspberry pi


credit pict by https://www.git-tower.com

Tentu sudah kenal dengan git dong, git adalah

free and open source distributed version control system designed to handle everything from small to very large projects with speed and efficiency.

Git dikembangkan oleh linus torvalds yang penemu linux itu, mungkin waktu itu dia asyik2 coding eh kesulitan memonitor perubahan perubahan atau buat alternatif alternatif coding yang sangat banyak dan harus juga bekerja sama dengan banyak orang yang akhirnya riweh sendiri karena masing masing orang punya cara dan style sendiri2 didalam pemrograman akhirnya dibuatlah git.

Bagi programmer yang levelnya medium to advance  pasti rata rata sudah menggunakan tools ini untuk mempermudah dan mentrace coding codingnya apalagi untuk programmer yang bekerja dengan banyak team, tentu saja git ini sangat berguna sekali.

Kalau kita bicara tentang git sudah sangat banyak sekali git server yang gratis yang biasa digunakan untuk menaruh file file kita di internet sehingga bisa digunakan sendiri maupun bersama rekan rekan yang lain , adapun git server tersebut adalah

  1. github.com
  2. gitlab.com
  3. bitbucket
  4. dll

Nah semua tempat yang sebutkan diatas adalah gratis tapi ada tapinya untuk file file yang ditaruh disana sifatnya adalah public, sehingga semua orang bisa mengaksesnya. Lalu bagaimana supaya kita bisa membuat git server sendiri dan hanya bisa diakses oleh kita atau team kita, maka dibawah ini saya akan sharing bagaimana caranya membuat raspberry pi sebagai git server.

Pertama tama yang harus disiapkan adalah tentu saja raspberry pi, lalu pastikan raspberry pi terkoneksi dengan internet sehingga kita bisa menginstall git servernya karena kita perlu mendownload beberapa aplikasi untuk menjalankan git server tersebut.

Ok setelah semua siap maka kita perlu memastikan raspberry pi telah menggunakan update software terakhir lakukan.

sudo apt-get update && sudo apt-get install -y

Setelah selesai maka kita tinggal menginstall software git server lakukan perintah dibawah ini

sudo apt-get install wget git-core

Setelah selesai maka kita bisa menset directrory mana yang akan kita gunakan untuk menaruh file kita, bisa di dalam flashdisk atau hardisk tambahan atau kalau ngga ya cukup di taruh di home. Anggap lah kita akan menaruhnya di /home, maka lakukan langkah berikut

mkdir /home/pi/git

Setelah selesai maka ketikkan didalam folder yang tadi sudah kita buat

git init --bare

Done selesai, langkah selanjutnya tinggal mengakses folder yang sudah kita buat di raspberry kita tadi, caranya adalah kita bisa menggunakan komputer yang berbeda untuk mengetest apakah git server kita tadi sudah berhasil jalan apa tidak.

Karena saya menggunakan linux mint maka saya tinggal membuka terminal lalu membuat base directory tempat saya menaruh file master saya.

Namun sebelum itu untuk memudahkan kita untuk login ke raspi supaya tidak bolak balik memasukkan password maka saya menyetting supaya bisa otomatis masuk ke raspi tanpa memasukkan password caranya dengan mengcopy ssh authorized_keys, caranya gampang lakukan ini di terminal kita

ssh-keygen -t rsa

ikuti saja permintaannya enter saja dan pastikan tidak usah masukkan password supaya otomatis login.

lalu ketikkan perintah ini sesuaikan dengan user dan ip masing masing

cat ~/.ssh/id_rsa.pub | ssh pi@192.168.0.100 "mkdir -p ~/.ssh && cat >>  ~/.ssh/authorized_keys"

Setelah selesai kalau sukses ketika kita ssh ke raspi langsung otomatis masuk

ssh pi@192.168.0.100

Kemudian langkah selanjutnya disini saya membuat directory baru di home/onix/git maka saya mengetikkan

mkdir /home/onix/git

Setelah selesai saya masuk ke folder tadi yang sudah saya buat

cd /home/onix/git 
git init
git remote add pi pi@192.168.0.100:/home/pi/git

Disini saya menginisialisasi git dengan mengetikkan command git init didalam folder yang  tadi kita buat, lalu meng add folder tadi agar terkoneksi dengan git server yang tadi sudah kita buat, dengan cara git remote add, lalu saya menuliskan pi sebagai nama account lalu ssh ke pi menggunakan pi@no ip saya lalu diikuti titik dua : kemudian directory nama folder git server di raspberry pi /home/pi/git.

Selanjutnya apabila sukses tidak ada error maka kita test sync file dengan cara buat satu file dengan nama index.php misalkan dengan cara

touch index.php
git add . //add file ke repo
git status //untuk melihat status
git commit -m "test upload" //git commit untuk menandai perubahan file 
git push pi master // untuk deploy atau mengirimkan file ke server

Apabila sukses maka ada pemberitahuan kalau file sukses terupload

 

 

 

Done maka file berhasil terupload, sebenarnya  masih banyak command git yang lain yang berguna saat programming namun silahkan dipelajari sendiri disini saya akan menambahkan satu tutorial lagi bagaimana cara kita untuk mengclone atau mendowload file yang sudah kita upload caranya gampang tinggal gunakan git clone detailnya dibawah ini

git clone pi@192.168.0.100:/home/pi/git

kalau sukses maka file yang sudah diupload tadi bisa kita download kembali, sekian tutorial ini silahkan mencoba dan Happy coding.

 

Advertisements

Ditunggu komennya ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s