Membuat Raspberry Pi Cluster part 1


Mumpung WFH dan ada beberapa raspberry pi yang nganggur dan berserakan gitu aja, akhirnya kepikiran membuat raspberry pi cluster ini, semua raspberry pi ini saya dapatkan tidak dari membeli semuanya saya dapat dari event event yang saya ikuti dan mendapatkan hadiah raspberry pi ini lumayan gratisan 😀 .

Setelah menghitung hitung isi dompet dan kalau beli casenya mahal akhirnya mampirlah ke Mr DIY cari cari kotak plastik ini 🙂 dan dapatlah murah harganya cuman 20 ribuan, beli dua yang satu buat menyimpan koleksi board yang satu dibuat raspi cluster ini, dan satu lagi kenapa lebih milih plastic case seperti ini selain gampang didapat juga gampang di modifikasi, cukup dengan pisau panas 😀 dengan gampang melubangi bagian bagian yang akan kita modifikasi.

Ini adalah part 1 yang akan membahas mengenai cara buatnya part selanjutnya membuat cluster secara softwarenya. Dibawah ini adalah gambaran dari raspi clusternya, silahkan kalau ingin membuat dengan model lain, saya cukup puas dengan hasilnya yang begini.

Beberapa komponen banyak yang available di online market dan yang menurut saya bikin rapi adalah power supplynya yang bentuknya sudah USB dan mampu sampai 8A, input power supply nya juga cukup lebar rentangnya dari 8-35 VDC, untuk cluster ini saya catu dengan supply 12VDC 7A. Selain power supply penting juga menambahkan kipas angin, waktu tulisan ini dibuat saya sedang menunggu kipas yang ada lampunya biar meriah 😀 nanti mungkin saya akan masukkan di tulisan selanjutnya.

Happy Coding …

Salam ngoprek …

One thought on “Membuat Raspberry Pi Cluster part 1

  1. Pingback: Membuat Raspberry Pi Cluster part 2 (install docker swarm) – kak eko

Ditunggu komennya ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.