Swapping E0 to E1 RAMPS 1.4


fb_img_1476746400123

Kali ini berbagi tips tentang 3d printer yang senasip dengan saya :D, tipsnya yaitu cara swapping E0 yang ada di RAMPS 1.4 ke E1, pada kasus saya E0nya terbakar karena overcurrent ketika saya maksa memperbesar arus pada trimpot, cara berikut saya praktekkan pada firmware repetier 0.92 kalau menggunakan firware silahkan dicari2 yang penting paham konsepnya.

Sebenarnya caranya gampang tinggal buka pins.h di firmware menggunakan arduino IDE, trus cari tipe board dan tipe modul driver 3dnya, kalau saya karena menggunakan arduino mega 2560 dan RAMPS 1.4 maka kodenya 33, maka saya tinggal search di pins.h 33 terus cari kode seperti gambar diatas.

Continue reading Swapping E0 to E1 RAMPS 1.4

Advertisements

OnixBot first print test


Alhamdulillah setelah melalui proses try n error akhirnya maksa juga print test dengan apa adanya karena sudah penasaran, salah satu maksanya adalah bed nya memakai tatakan kue 😀 , setelah kemarin cari papan dada ngga nemu eh nemunya malah tatakan kue dengan bahan plywood 4mm, ya sudah karena mmg nemunya itu ya sudah terpaksa dipasang dulu.

walhasil ada dua kabar yang pertama adalah kabar gembira, kabarnya adalah berhasil print, lihat video diatas, yang kedua adalah motor driver plus port e0ku jebol karena rencana naikin arus di e0 karena motor steppernya seperti ngga kuat terseok-seok  mendorong filamentnya, eh ternyata malah keterusan muter yg berakibat jebolnya motor driver dan pert e0nya.

Tapi alhamdulillah lagi setelah ngobrol2 di group Fb 3d printer indonesia nemu caranya mindahin e0 ke e1, tak posting di postingan lainnya untuk tips atau cara mindahin/ swap e0 ke e1 di firmware repetier dan RAMPS 1.4 arduino mega 2560.

Akhir kata buat 3d printer itu ternyata penuh suka duka 😀

Belajar Openscad


screenshot-131016-142152Sebenarnya sudah beberapa waktu yang lalu penasaran dengan aplikasi dengan ekstensi .scad ini, namun baru kali ini mempelajari lebih dalam aplikasi apa ini? Dan akhirnya setelah searching di google larilah saya ke link ini openscad dan alangkah terkejutnya saya ketika membaca dokumentasinya.

Ada beberapa yang sebenarnya membuat saya terkejut yang pertama adalah ukuran installernya cuman 14mb untuk windows, 18MB untuk ubuntu (karena saya cuman pake ini OS ini full semenjak 4 tahun ini) dan untuk MAC 23MB (yang ini juga saya pake ding dirumah  🙂 ) pokoknya say no to windows :D.

Yang kedua yang membuat saya kaget adalah anda tidak akan menemukan seperti scad lainnya yang membuat garis, kotak, lingkaran, dll menggunakan mouse, semuanya pake text editor yang disebelah kiri gokil ngga tu, pantesan aja kecil banget file sizenya, saya sebenarnya sekali lagi masih ngga percaya mungkin ini software scad yang paling kecil file installer yang saya coba mungkin kalau dikira2 seukuran paint kali ya diwindows, kecil bgt.

Pertama kali nyoba aplikasi ini asli kagok gimana coba ngambarnya, akhirnya baca2lah dokumentasinya (ingat ya baca dokumentasi) jangan nanya sana sini dulu sebelum baca dokumentasinya. Sang developer cukup banyak menuliskan beberapa hal yg krusial ttg penggunaan software ini dan hmmmm setelah baca baca dan mencoba langsung akhirnya bisa juga walaupun harus banyak try n error.

Continue reading Belajar Openscad

Membuat 3d printer


Nah seperti kata saya dipostingan sebelumnya sudah hampir seminggu ini saya membuat 3d printer, saya tertarik untuk mempelajari bagaimana cara 3d printer bekerja, setelah ikutan group 3d printer indonesia di fb saya belajar banyak dari para suhu dan master yang bersedia membantu dan membimbing yang nol pengalaman membuat dan merakit printer 3D.

Yang unik dari project ini adalah saya menggunakan bahan pvc yang gampang didapat karena sebelumnya banyak yg membuat menggunakan alumunium profile yang mahal dan susah didapatkan. Project ini sedang berjalan semoga bisa mengupdate blog ini untuk catetan diwaktu yang akan datang.

Sistem yang saya gunakan adalah model printer core xz seperti dilink ini dan ini dan bagi yang tertarik membuat bisa melihat status dan mendownload partnya disini , memang project ini masih dalam pengembangan, dan saya terbuka untuk menerima masukan bagi siapa saja yang ingin memberikan idenya untuk project ini.

Semoga berjalan lancar semoga bisa membuat printer yang portable, mudah dibuat, dan gampang dirakit.

Dan dibawah ini beberapa video perjalan project ini

Tampilan Baru


Sudah lama ngga main ke websiteku yang susiloharjo.web.id, hmm setelah tak lihat lihat sepertinya sudah waktunya dibuat lebih menarik, walhasil yang tadinya tampilannya begini

tampilan lama

Dirubah menjadi lebih ringan dan mengikuti trend sekarang dengan background wallpaper fullscreen, setelah utak atik jadilah seperti dibawah ini

Screen Shot 2014-06-16 at 9.28.47 AMLebih simple dan kelihatan lebih segar dilihat, hmm bener ngga? btw ini hanya static page dengan link kemana mana dibagian atas, males nginstall cms, selain menuh menuhin males ngisinya ha3 dasar pemalas, walhasil akhirnya cuman pasang link kemana-mana salah satunya ya ke blog ini.

Buatnya gampang kalau tertarik ingin buat cekidot script dibawah

Continue reading Tampilan Baru