Anugerah K3 2014


Bulan K3

Telat posting tapi biarlah daripada tidak sama sekali, paling ngga catatan ini menandai sebuah pencapaian dari sebuah kerja keras kami semua.

Ya tanggal 26 Mei 2014 kemarin saya mewakili kantor menerima penghargaan dari Menakertrans berupa penghargaan Zero LTI, ini tahun kedua kami PT. MKN mendapatkan anugerah tersebut. Terima kasih atas kerja keras teman teman di lapangan yang sudah bekerja aman didalam pekerjaannya.

Sangat banyak kemungkinan bahaya yang dapat timbul di dalam pekerjaan namun dengan kesadaran akan safety yang tinggi membuat kita semua bekerja dengan aman dan selamat.

Selamat untuk rekan rekan kerja sekalian.

Advertisements

Pasang Mata


Screen Shot 2014-02-04 at 10.19.39 AM

 

Ada yang baru dari web detik.com yaitu adanya bar baru di dekat headernya berisikan jepretan atau laporan pengguna jalan atau foto foto ketidak sesuaian yang terjadi di sekitar kita, kalau dipikir pikir fenomena ini cocok sekali dengan apa yang sering saya kampanyekan setiap harinya sebagai seorang safety man, yaitu mari berbudaya aman dan sesuai dengan prosedur.

Salah satu contohnya ada gambar orang membawa tangga panjang dengan menggunakan sepeda motor yang tentu saja masuk kategori unsafe action, atau mobil polisi yang parkir dibawah tanda dilarah stop, dan ini hanya beberapa temuan yang biasa kita jumpai tanpa tidak kita sadari sebenarnya bisa menimbulkan kecelakaan.

Tanpa kita sadari budaya safety sebenarnya sudah masuk ke dalam kehidupan kita sehari hari dan turut melaporkan temuan ketidaksesuaian berarti kita turut berpartisipasi untuk menumbuhkan prilaku kerja aman, asalkan jangan hanya melaporkan ternyata kita masih juga bekerja tidak aman.

Mudah mudahan makin banyak orang sadar akan keselamatan kerja.

Selamat Bekerja dan Bekerja Dengan Selamat

Sampai juga bukunya


Camera 360

amazon

Akhirnya setelah menunggu hampir 2 minggu buku pesananan di amazon.com sampai juga, kemarin cari ebook gratisannya ngga dapet adanya previewnya yang malah bikin penasaran, ketika baca previewnya bukunya bagus banget, makanya malah jadi beli, walaupun harga buku sama ongkir malah lebih mahal ongkir ha3 belinya jauh di US :), jadi ngga sabar menghabiskan semua isinya. Buku ini tentang safety judulnya Safety Matters A guide to Healt & Safety at Work > Essential insight for Busy Managers.

Memberikan internal training safety 18/9/2013


image

image

image

image

Topik internal training kali ini adalah safety basic dan WAH (Working At Height) semoga bermanfaat . Pesertanya semangat semangat walaupun tempat kurang representatif he3.

Semangat berbagi pengetahuan karena sesungguhnya pahala yg tidak habis habis itu adalah harta yg manfaat, anak yg sholeh, dan ilmu yg manfaat.

Dan senangnya apabila selesai berbagi semua senang dan menantikan training selanjutnya, Insya Allah dilain waktu bertemu kembali untuk berbagi.

Lesson Learn Berhati Hati Pada saat Melintasi Perlintasan Kereta Api


Sebenarnya kejadiannya sudah terjadi beberapa hari waktu yang lalu, namun untuk urusan keselamatan tidak ada istilah terlambat, semoga bisa bermanfaat walaupun tidak baik belajar dari kesalahan, karena seharusnya melakukan tindakan preventif agar kejadian tersebut tidak terjadi.

Semoga kejadian ini tidak menimpa kita, dan semoga kejadian tersebut tidak terulang kembali (Dokumen ini sudah diedit untuk konsumsi umum)

Safety Induction Di Bandung


Seperti kita ketahui bersama bahwa telah diatur di dalam UU 1 Tahun 1970 bahwa setiap resiko bahaya di setiap pekerjaan wajib disosialisasikan kepada para pekerja, kali ini yang diberikan sosialisasi mengenai bekerja diatas ketinggian adalah PT. Bhakti Bandung terkait dengan pekerjaan pendirian tower 82 m di KPC.

Berangkat pagi dari rumah jam 06.10 sampai kantor 1/2 8 lanjut ke Bandung jam 8 sesampainya di Bandung jam 11.30 karena harus mengejar travel balik jakarta jam 14.00 maka mau ga mau setibanya di PT. Bhakti Bandung langsung deh memberikan safety Induction, beberapa dokumentasinya dibawah ini

Setelah selesai safety induction sudah pukul 13.00 rehat sejenak sholat, makan lalu lanjut ke Xtrans travel, kenapa pake travel ini karena kebetulan travel ini lewat depan kantor jadi g perlu naik taxy lagi kekantor, sebenarnya baru sekali ini naik travel ini, travelnya nyaman karena agak besar sehingga lumayan bisa istirahat selama perjalanan dari Bandung ke Jakarta yang kira kira ditempuh dalam waktu 2 jam, nah yang menarik dari travel ini adalah satu satunya travel yang saya pikir sangat mengutamakan keselamatan, setiap kursinya dilengkapi dengan safety belt walaupun bentuknya hanya dipinggang dan terpasang stiker petunjuk keselamatan seperti dibawah ini dan terpasang di setiap belakang kursi sehingga terbaca oleh penumpang

Semoga contoh baik ini juga diikuti oleh penyedia jasa transportasi lainnya Good Job’s Xtrans travel, sekian ceritanya lanjut pada perjalanan berikutnya.

SELAMAT BEKERJA DAN BEKERJA DENGAN SELAMAT