Install XAMPP di Mac OSX 10.9 Mavericks


Screen Shot 2013-10-30 at 9.22.17 AMSetelah beberapa hari lalu upgrade ke Mavericks mendadak PHP dan Mysql yang sebelumnya sudah di  pindahin dari ML (Mountain Lion) mendadak macet akhirnya coba menjalankan php setelah dibangunkan kembali lewat apachectl start berhasil hidup, wah berarti tinggal mysql , walhasil download dan install tapi entah knapa error muncul yang sudah kesana kemari do google ngga nemu juga jalan keluarnya, alhasil kembali lagi ke XAMPP.

Supaya ngga lupa akhirnya dicatet berikut petunjuknya

  1. Download XAMPP disini
  2. Setelah selesai download install seperti biasa
  3. Selesai kemudian file instalasi bisa diakses di /Application/XAMPP/
  4. Untuk pertama kali jalankan manager-osx di Folder XAMPP di /Application
  5. Aktifkan semuanya kalau php ngga mau jalan, matikan dulu php yang sudah jalan dengan cara sudo apachectl stop 
  6. Supaya aman setting password dengan mengetik di terminal /Application/XAMPP/xamppfiles/xampp ikuti semua petunjuknya untuk setting password phpmyadmin dan mysql
  7. trik tambahan supaya begitu mengetik mysql langsung kebaca di terminal tambahkan baris ini di profile

buat profile dengan cara

nano ~/.profile
(nano adalah text editor)

tambahkan baris ini didalam profile

export PATH=/opt/local/bin:/opt/local/sbin:/Applications/xampp/xamppfiles/bin:$PATH

Seteleh selesai simpan file tadi buka terminal baru dan mysql sudah bisa langsung dijalankan tanpa perlu ke /Application/XAMPP/xamppfiles/bin/mysql
Semoga bermanfaat

Advertisement

Membuat XAMPP jadi Intranet web server


Jadi begini kasusnya kemaren aku install WAMP di TABI (“nama laptopku yang macho (Panasonic Toughbook) jadi cute gara gara namanya diganti jadi TABI :p ), tapi karena tidak php friendly cerewet banget akhirnya aku kembali menggunakan XAMPP ku untuk projek webserver ini, nah ternyata setelah ganti XAMPP semuanya berantakan yang semula webservernya bisa running dengan baik dengan cara mengakses IPku di komputer jaringan kantor eh mendadak macet padahal settingannya dah tak ubah semua, nah biar gak lupa dan biar ilmunya jadi berkah ya udah semoga beberapa tips berikut bisa bermanfaat

  1. Install XAMPP
    ubah settingan httpd.conf nya di kalau ditempatku di C:\xampp\xampp\apache\conf menjadi

DocumentRoot “C:/xampp/xampp/htdocs”

Options Indexes FollowSymLinks
AllowOverride all
Order Deny,Allow
Allow from all

2. Setelah itu belum selesai berdasarkan petuah dari berbagai macam sumber kita harus juga merubah settingan httpd-vhosts.conf di C:\xampp\xampp\apache\conf\extra ditambah dengan

DocumentRoot “C:/xampp/xampp/htdocs”
ServerName 127.0.0.1

# Other directives here …

DocumentRoot “C:/xampp/xampp/htdocs”
ServerName isi dengan IP

# Other directives here …

Restart XAMPP

3. Seharusnya sekarang coba running masuk ke webserver ketik http://localhost di browser dah bisa masuk ke webserver kita lalu coba ketik ip kita seharusnya juga sudah bisa masuk juga, Nah sekarang coba lagi lewat komputer lain yang terhubung jaringan dengan komputer kita contoh :

Komputer terinstall XAMPP 192.168.0.4
Komputer lain yang sejaringan dengan kita 192.168.0.5

maka dari komputer ini (192.168.0.5)  coba ketikkan IP 192.168.0.4 di browser kalau sudah bisa running selamat maka anda berhasil, kalau belum bisa maka coba matikan windows Firewall anda maka coba lagi pasti sekarang sudah berhasil.

Pfiuh akhirnya selesai sekarang dah bisa berjalan dengan baik, dan bagi yang punya masalah serupa coba deh tips ini semoga bermanfaat