Design UI Cart codeigniter


Liburan pilkada daripada bengong main main dengan codeigniter lagi, coba coba redesign cart dari proyek lama, rencana mau ditawarin buat upgrade dari sistem yang lama ke design baru, syukur syukur diterima kalau ngga ya buat koleksi saja, siapa tau nanti ada yang minat setelah melihat video ini :D.

Sistem ini digunakan  untuk usaha percetakan, adapun beberapa fiturnya, diantaranya

  1. Proses pemesanan yang terhubung dengan database, sudah web based jadi kalau mo diupload ke internet sudah siap.
  2. Sistem pelaporan transaksi dengan sistem server side sehingga mau data ribuan bisa diload dengan ringan
  3. Sistem pelaporan data pemakaian kertas, dan tipe print
  4. Grafik laporan keuangan per bulan
  5. Sistem member
  6. Sistem Discount berdasarkan quantity
  7. Dll siap dimodif sesuai pesanan

Lanjut lagi ah kalau sudah berhasil gini sweneng banget jadi semangat ngoding lagi

Happy coding

Simple auto calculation for cart with jquery


Ya kali ini saya akan sharing cara membuat auto calculation jadi tinggal masukkan 2 input dan 1 perkalian, karena kebetulan sedang ada proyek kecil2an membuat perhitungan otomatis, berikut codingannya.

buat 3 input di html atau php terserah

<input type="text" id="txt1" onchange="sum();" name="" value="">

<input type="text" id="txt2" onchange="sum();" name="" value="">

<input type="text" id="txt3"  onchange="sum();" name="" value="">

<input type="text" id="txt4"   name="" value="">

 

lalu buat script seperti dibawah taruh dipaling bawah

function format2(n, currency) {
 return currency + " " + n.toFixed(2).replace(/(\d)(?=(\d{3})+\.)/g, "$1.");
 }

function sum() {
 var satu = document.getElementById('txt1').value;
 var dua = document.getElementById('txt2').value;
 var tiga = document.getElementById('txt3').value;
 var result = (parseInt(satu) + parseInt(dua)) * parseInt(tiga) ;

if (!isNaN(result)) {
 var hasil = format2(result,"Rp. ");
 document.getElementById('txt4').value = hasil;
 }
 }

Dah gitu aja selamat mencoba kalau sukses maka kita membuat penjumlah 2 produk di input1 dan input2 dan dikalikan dengan input3, kemudian hasilnya akan tampil di input 4.

Silahkan berimprovisasi bisa juga dibuat select seperti contoh diatas

Silahkan mencoba happy coding

Spotify di ubuntu


Hari ini nyobain spotify di HP android dan ternyata asyik juga he3 barusan nyobain dasar katro, soalnya lagi banyak kerjaan pengen denger musik musik yang update, dan ternyata menggunakan spotify ini menyenangkan sekali karena bisa memilih banyak banget pilihan lagu, dan yang paling asik lagi adalah spotify bisa diinstall juga di turunan ubuntu, karena saya pakai linux mint jadi juga bisa menggunakan cara ini di linux mint.

Bagi yang penasaran cara installnya bisa di link ini https://www.spotify.com/id/download/linux/

Lanjut kerja lagi

Memilih paduan warna untuk web dengan cara gampang


Untuk saya yang ngga terlalu bagus memilih paduan warna untuk web biar tampil eye catching dan menarik itu gampang gampang susah, namun sekarang banyak sekali tools yang menyediakan cara gampang untuk memilih milih paduan warna dengan satu warna dasar kemudian dipadu padankan dengan tools yang satu ini.

Sebenarnya banyak sekali tools yang bisa digunakan namun menurut pengalaman saya kedua tools ini sudah sangat cukup dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing. Tools tersebut adalah :

  1. Paletton Tools yang satu ini pasti sudah banyak digunakan oleh para designer web, dengan gui yang simple dan sangat atraktif kita bisa memilih dengan beberapa opsi pilihan warna
  2. Adobe Color Siapa yang tak kenal Adobe, adobe adalah merk ternama yang menciptakan software design grafis dan ternyata adobe juga membuat tools yang tidak kalah hebatnya dengan paletton, tapi ada satu kelebihan dari adobe color yaitu kita bisa mengupload gambar dan secara otomatis software tersebut akan memilihkan warna warna apa saja yang dominan dan cocok untuk dipadu padankan dengan gambar yang sudah kita upload
Adobe colour
Paletton

 

 

 

 

 

Demikian tips dari saya, sebenarnya tools ini bukan hanya cocok untuk design web, tapi juga cocok untuk semua para designer yang ingin mencari referensi warna warna apa saja yang cocok untuk dipadu padankan, selamat mencoba

Semoga bermanfaat dan Happy Coding

Simple confirmation script before delete in php


Nambah catatan lagi semoga bermanfaat buat yang lain, sebenarnya script ini sudah lama tau, script simple yang digunakan apabila kita membutuhkan konfirmasi sebelum melakukan aksi, biasanya script ini saya gunakan sebelum mendelete, contoh seperti gambar dibawah ini

cekidot this code

Function javascript

function confirmDelete()
{
   return confirm("Apakah anda yakin akan mengahpus data ini? ");
}


di linknya  ditambahkan  ini

 onclick='return confirmDelete()'

Jadinya dibawah ini kalau digunakan di link
<a href="" class="btn btn-danger btn-flat" onclick='return confirmDelete()'><i class="fa  fa-remove"></i></a>
 

Sudah gitu aja simple kan?, selamat mencoba

Mengatasi validasi required html5 di safari


Pagi ini baru ngeh karena biasanya untuk form karena males buat form validasi biasanya cuman nambahin required di tag html5 untuk memeriksa input kosong, eh pagi ini pas ngetes di safari browser bawaan mac ternyata tag required ngga jalan di safari kalau ngga percaya silahkan dicoba pasti bablas he3.

Setelah browsing browsing ternyata benar required html5 ngga jalan di safari, tapi jangan sedih  saya sudah nemuin caranya yaitu nambahin plugin polyfiller.js dan nambahin sedikit javascript maka validasinya bisa jalan kembali

Caranya seperti ini cekidot this code …

Tambahkan link ini 

https://cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/webshim/1.16.0/dev/polyfiller.js 
Lalu buat script seperti ini 

  
        webshim.activeLang('en');
        webshims.polyfill('forms');
        webshims.cfg.no$Switch = true;
    

Lalu di htmlnya jangan lupa tambahin required

     <input type="text" class="form-control" name="title" placeholder="Judul Artikel" required>

Dah gitu aja gampangkan silahkan coba buka lagi form webnya di safari pasti ngga akan mau disubmit apabila kosong form inputnya :D.

Silahkan dicoba, apabila kamu tidak menggunakan safari di webmu tambahan ini tidak diperlukan karena secara native chrome dan firefox sudah support required tag, kalau di internet explorer (masih ada yang pake???) ngga tau dah :D.