Telegram Fish Feeder


Ngga kerasa sudah bertemu ramadhan lagi, nah kali ini untuk mengisi waktu pas weekend dan puasa saya membuat Fish Feeder Alias pemberi makan ikan, ini sebenarnya project yang sudah lama saya ingin buat tapi karena sesuatu dan lain hal baru sempet dibuat sekarang.

Designya sebenarnya cukup simple kebetulan saya ada servo micro, esp8266 dan saya pikir saya bisa buat fish feeder ini dari kedua alat tersebut, dan tentu saja dibantu 3d printer saya untuk struktur fish feedernya.

Awal design saya corat coret di buku catatan saya setelah selesai draftnya saya lanjutkan designnya menggunakan fusion 360 dari Autodesk ini merupakan software design favorit saya, dulunya saya suka dengan 123D dari autodesk juga namun 123D sudah tidak release diganti dengan fusion 360, yang saya suka dengan software ini adalah kemampuan parametricnya.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat designnya namun saya beberapa kali melakukan test print untuk mencocokkan design dengan bentuk nya ketika sudah diimplementasikan, yah itulah enaknya menggunakan printer 3d bisa sesuka hati design kalau ngga suka ya tinggal diprint lagi :).

 

ini adalah beberapa design saya sebelum saya print, sengaja saya buat model micro servonya juga sehingga saya bisa dengan mudah membayangkan posisi dari servo dan gear pendorong makanan ikan.

Untuk elektronik dikarenakan saya dirumah kebetulan ada wemos ya saya menggunakan wemos sebagai microcontroller dan karena sudah ada wifi didalamnya saya kepikiran kenapa ngga saya sekalian gunakan telegram api sebagai remotenya, karena sepertinya cara ini adalah yang paling mudah daripada saya harus routing ddns yang bikin ribet :). 

Saya menggunakan library CTBOT karena pas saya coba kok ya sepertinya library ini yang paling mudah jujur belum pernah nyoba yang lain iseng iseng cari di library arduino CT bot ini nongol paling atas ya udah saya install aja dan setelah dicoba langsung bisa.

Untuk kodingannya gampang banget saya pake contoh yang untuk matikan dan nyalakan lampu lalu saya tambahkan dengan contoh servo sweep sudah gitu aja gampang kan 🙂

Yang penasaran pengen coba saya share disini untuk design 3dnya silahkan didownload dan diedit sesuka hati.

Link Thingiversenya

Dan codingannya disini 

 

 

 

 

Ok semoga bermanfaat

Happy Coding …

Salam Ngoprek …

 

Author: susiloharjo

Khoirunnas anfa'ahum linnas A Father, Husband and love to learn person Love my Family, Electronics, Photography, Robot, Dreaming, Programming

Ditunggu komennya ...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.